Pages

Thursday, September 20, 2018

Bank Dunia: Ekonomi Makro Kuat Tingkatkan Ketahanan Indonesia

Dalam kesempatan serupa, Frederico Gil Sander selaku Ekonom Utama untuk Bank Dunia di Indonesia menyoroti urbanisasi.

Dia menyatakan lebih dari separuh penduduk Indonesia kini tinggal di perkotaan, sehingga laporan edisi kali ini membahas tantangan dan peluang bagi Indonesia dalam memanfaatkan urbanisasi untuk membawa kemakmuran yang lebih besar dan merata. 

"Urbanisasi bisa menjadi kekuatan besar bagi pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan, tapi jika tidak dikelola dengan baik kerugian akibat tekanan yang terjadi akan lebih besar dari manfaatnya," ujar dia.

"Untuk menuai potensi urbanisasi, pemerintah nasional dan daerah perlu bekerjasama melakukan reformasi kebijakan dan kelembagaan," sambungnya.

Beberapa rekomendasi kebijakan bank dunia dalam laporan tersebut adalah kebutuhan untuk mencapai tiga 'C' yaitu Convergence, Connect dan Customize.

Convergence menyatukan dan memperluas layanan dasar agar seluruh penduduk Indonesia menikmati layanan pendidikan, kesehatan, air, dan sanitasi yang bermutu.

Kemudian Connect, menghubungkan dan mengintegrasikan di dalam dan antar berbagai lokasi sehingga semua bisa mengakses peluang ekonomi. Ketiga adalah Customize, menyesuaikan kebijakan untuk menyasar kelompok atau wilayah yang tertinggal. 

Peluncuran laporan lndonesia Economic Quarterly edisi September 2018 merupakan bagian dari Voyage to Indonesia. Ini serangkaian kegiatan menjelang 2018 Annual Meetings of the international Monetary Fund and the World Bank Group di Bali pada 12-14 Oktober 2018. 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Kondisi makroekonomi Indonesia yang cukup kuat dan respon pemerintah dalam membuat kebijakan menghadapi pelemahan rupiah dinilai bisa membantu mengatasi hal ini.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2NpLof4
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment