Pages

Sunday, September 23, 2018

Rasakan dan Kenali Rasa Cemburu agar Hidup Lebih Nyaman

Liputan6.com, Jakarta "The jealous are troublesome to others, but a torment to themselves," - William Penn

Perasaan cemburu terkadang menjadi bahan cemooh dan dianggap tidak lumrah oleh beberapa orang, bahkan oleh pasangan kita sendiri. Perasaan cemburu yang dirasakan adalah salah satu luapan rasa kasih dan sayang karena tidak ingin pasangan kita berpaling pada orang lain. Namun, perasaan cemburu seringkali tidak tersampaikan kepada pasangan karena rasa malu dan takut untuk memiliki rasa cemburu itu sendiri.

Perasaan cemburu meliputi perasaan negatif seperti takut ditinggalkan, sedih, cemas, dan marah ketika kita melihat seseorang yang kita sayangi dekat dengan orang lain. Kita jadi takut kehilangan sosok yang dekat dengan kita. Misalnya, rasa tidak suka bila pasangan punya kedekatan dan perhatian yang lebih pada orang selain kita.

Dalam hubungan romantis, biasanya cemburu dapat menjalar pada perasaan curiga dan bisa mendatangkan konflik. Pribadi yang sedang cemburu terkadang jarang mengungkapkan rasa cemburunya pada pasangannya. Sehingga, terkadang rasa cemburu membuat seseorang semakin tersiksa dan khawatir terus-menerus.

Cemburu= Lebay?

Stigma dari orang lain maupun kekasih bahwa perasaan cemburu merupakan hal yang tabu, dianggap lebay, atau berlebihan dengan rasa ketidakpercayaan yang kita punya. Orang yang cemburu terkadang mendapat konotasi negatif dari orang lain. Mereka dianggap posesif, tidak bisa mengontrol akal, dan tidak mampu mengendalikan emosi

Stigma dari orang lain tentang kecemburuan, terkadang membuat pribadi yang sedang cemburu terbebani, malu, dan mengurungkan niat untuk mengungkapkan rasa cemburunya. Namun, dengan mengungkapkan rasa cemburu dapat membantu kita untuk memperjelas masalah dan menghilangkan tuduhan atas prasangka kita terhadap pasangan. Mulailah mengabaikan tentang stigma dari orang lain. Bagaimanapun, apabila kita selalu memikirkan anggapan orang lain dan stigma dan tidak menyadari bahwa rasa cemburu adalah hal yang wajar, tentunya hubungan dengan pasangan bisa terancam.

Berkomunikasi secara Terbuka

Tak jarang, kita merasa tertekan karena menahan rasa cemburu dan tidak mengungkapkannya pada pihak terkait. Kita takut dicap sebagai orang yang labil dan berlebihan dalam perasaan cinta. Akhirnya, timbul rasa tidak nyaman dengan hubungan yang sedang dijalani.

Jika sedang cemburu, maka sebaiknya ungkapkan rasa itu terhadap pasangan. Komunikasi secara terbuka merupakan kunci untuk mengelola kecemburuan. Jujur dan katakan pada pasangan bahwa kita akan cemburu bila mereka dekat dan memiliki perhatian lebih kepada orang lain. Mulailah untuk ungkapkan rasa cemburu terhadapnya dengan rasa hormat atau humor tanpa menyinggung dan menyakiti perasaannya.

Saksikan juga video berikut ini:

5 Tips Agar Kamu Tidak Jadi Orang yang Cemburuan.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2xHIbMX
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment