Pages

Sunday, September 23, 2018

Petani Banyumas Dukung Budi Waseso Tolak Impor Beras

Liputan6.com, Banyumas - Polemik impor beras antara Direktur Utama Bulog, Budi Waseso (Buwas) dengan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita rupanya melambung jauh hingga perkampungan. Salah satunya di Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah.

Petani di Banyumas pun turut bersuara. Mereka mendukung sikap Buwas yang menolak impor beras. Mereka pun setuju, beras di petani masih cukup untuk mengisi perut seluruh rakyat Indonesia.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Sri Jaya Desa Tinggarjaya, Kecamatan Jatilawang, Banyumas, Sartam mengaku khawatir impor beras akan menyebabkan harga gabah dan beras lokal jatuh.

Akibatnya, petani Banyumas yang baru saja panen masa tanam kedua (MT 2) 2018, Juli dan Agustus lalu bisa gigit jari. Alih-alih harga beras naik, impor beras justru bakal menyebabkan harga gabah turun.

Dia berpendapat pemerintah tidak perlu impor beras. Pasalnya, harga gabah di tingkat petani pun ia sebut normal, yakni Rp 5.200 per kilogram. Adapun beras kualitas medium jenis IR seharga Rp 8.000-Rp 9.000 per kilogram.

Sepengalaman Sartam, setiap kali ada kebijakan impor beras, petani selalu terdampak. Seperti pada impor beras sebelumnya, harga gabah turun hingga Rp 1.000 per kilogram.

"Kalau beras impor sampai masuk, otomatis harga akan jatuh," Sartam menuturkan.

Dia juga menerangkan, harga gabah Rp 5.200 per kilogram merupakan harga yang wajar. Tak tinggi, juga tak rendah. Biasanya petani akan menjual gabah saat kisaran harga gabah lebih tinggi.

Pasalnya, petani pun mesti berhitung biaya produksi, mulai mempersiapkan benih, pengolahan lahan, penananaman, pemupukan, perawatan, hingga panen dan pascapanen.

"Harganya sekarang tidak terlalu tinggi tapi sudah cukup baik untuk mengembalikan biaya produksi, perawatan, dan sewa tanah," dia menjelaskan.

Karenanya, ia pun sepakat dengan Buwas yang menolak impor beras. Menurut dia, kebijakan Buwas itu telah berpihak kepada petani.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2QT4DLS
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment