Pages

Sunday, September 23, 2018

Ini Alasan Mobil Balap atau Reli Wajib Pakai Roll Cage

Tak hanya di dunia balap, penggunaan roll bar atau roll cage juga sering kali menjadi tren modifikasi agar tampil racing.

Seperti dilansir Otosia, dalam memilih roll bar, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apabila penggunaannya hanya sekedar untuk tampilan, menurut Yosef Bee selaku punggawa H2O Bodyworks, penggunaan pipa besi biasa bisa menjadi pilihan.

"Yang utama sih untuk fashion look adalah kerapihan pemasangan. Jangan sampai menabrak bagian interior lainnya. Selain itu, juga bisa diwarnai kontras dengan warna interior untuk mendapatkan tampilan maksimal," jelas Yosef kepada Otosia beberapa waktu lalu.

Hal di atas tidak berlaku apabila pemilik kendaraan mengejar sisi keselamatan, di mana penggunaan material menjadi sangat penting. Adapun material yang cukup kuat dijadikan roll bar adalah seamless dan chromoly. Keduanya cukup sering digunakan pada ajang balap.

"Chromoly lebih kuat daripada seamless karena merupakan campuran dari chromium and molybdenum, tapi harganya bisa 10 kali lipat dari seamless. Sebagai contoh, roll bar seamless Jazz bisa mencapai Rp 15 juta, kalau chromoly coba hitung sendiri," jelas Yosef.

Di samping material, pengaplikasian juga perlu diperhatikan. Pasalnya terdapat dua setingan pemasangan roll bar yang bisa dipilih.

"Ada 4 titik dan 6 titik. Kalau 4 titik tidak perlu melepas jok, sedangkan 6 titik perlu bongkat jok karena 2 dudukan di bagian shockbreaker belakang harus dipakai," jelas Yosef.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2MWun6Z
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment