Pages

Saturday, September 22, 2018

5 Kerugian Bila Wanita Minum Kopi Berlebihan

Kopi dipercaya dapat menurunkan kemampuan kognitif pada wanita. Pada sebuah penelitian terbukti bahwa wanita yang minum tiga cangkir atau lebih kafein per hari mengalami penurunan kognitif secara signifikan. Pada wanita lebih tua, efek kafein tersebut lebih parah.

4. Gangguan kesuburan

Konsumsi kopi dua cangkir atau lebih per hari dihubungkan dengan terjadinya gangguan tuba fallopi dan endometriosis. Endometriosis adalah penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya jaringan dari lapisan dalam dinding rahim di bagian luar rongga rahim. Kondisi tersebut dapat memengaruhi kesuburan pada wanita.

Selain itu, konsumsi kafein dalam jumlah banyak juga dikaitkan dengan gangguan pembuahan. Namun, penelitian terkait hal tersebut masih terus dikembangkan lebih lanjut sehingga menimbulkan pro dan kontra di dunia medis.

5. Keguguran

Konsumsi kafein sebanyak 200 mg (kurang lebih dua cangkir kopi) atau lebih per hari pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko keguguran hingga dua kali lipat dibandingkan yang tidak mengonsumsi.

Demikian beberapa potensi bahaya kebanyakan minum kopi bagi tubuh wanita. Meski sebagian masih dalam penelitian lebih lanjut, tentu sebaiknya Anda tetap waspada dalam mengonsumsi kopi. Bagi ibu hamil, pastikan agar asupan kopi Anda tidak lebih dari 200 mg per hari. Jika masih ada keraguan, sebaiknya dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter mengingat reaksi kafein terhadap tubuh orang dapat berbeda-beda.

Penulis: dr. Andika Widyatama

Sumber: Klikdokter.com

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2znhvU0
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment