Pages

Saturday, September 22, 2018

Jadi Objek Percobaan, 4 Hewan Ini Pernah Dikirim ke Angkasa Luar

Albert II dalam kondisi tak sadar saat tubuhnya yang kecil dimasukkan ke dalam rudal rancangan Nazi. Hari itu, Selasa 14 Juni 1949, monyet rhesus (Macaca mulatta) yang sudah dibius tersebut diluncurkan ke angkasa luar dari pangkalan udara White Sands, New Mexico, Amerika Serikat.

Roket Blossom V-2 yang akan membawanya adalah versi yang lebih besar dari misil yang dijatuhkan Adolf Hitler lima tahun sebelumnya, untuk menghancurkan sejumlah kota di Eropa -- London, Antwerp, dan Liege.

Proses lepas landas berjalan lancar. Blossom V-2 mendorong kapsul berisi Albert II ke ketinggian 83 mil atau 134 kilometer, membuatnya sebagai primata pertama yang berhasil ke angkasa luar.

Sekitar tiga menit setelah peluncuran, ketika roket mencapai titik puncaknya (zenith), kapsul yang membawanya terpisah dari Blossom V-2. Berdasarkan rencana, parasut akan segera terkembang, membawa Albert II kembali ke Bumi dengan selamat.

Namun, parasut tersebut gagal memperlambat laju penurunan. Kapsul yang membawa Albert II terhempas ke Bumi, memicu terbentuknya kawah selebar 10 kaki atau 3 meter di permukaan tanah.

Enam menit setelah diluncurkan, monyet seberat enam pon atau 2,7 kg itu mati.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2znGjeu
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment