Dalam pembekalan tersebut, Jokowi menyampaikan berpolitik hampir sama dengan berjualan produk.
"Dari pengalaman saya berjualan produk, saya lihat-ihat jualan produk dan politik itu mirip-mirip. Caranya mirip-mirip, harus ada diferensiasi, harus ada domain branding, semuanya," kata Jokowi saat membuka pembekalan bakal caleg Partai Perindo, Senin (17/9/2018).
Jokowi mengaku memang butuh kerja keras dan ketekukan untuk bisa bersaing di dunia politik. Contohnya ketika dirinya maju sebagai pemilihan wali kota Solo.
Ketika itu, sambung dia, masyarakat belum mengenal siapa Jokowi. Namun, dengan cara-cara tertentu, akhirnya Jokowi semakin dikenal hingga akhirnya memenangkan Pilpres 2014 lalu.
"Enggak ada sama sekali yang kenal. Tapi dari pengalaman saya seperti jerjualan produk. Baru ramai yang saya pelajari adalah microtargeting, campagning, dan microcanvasing. Itu kira-kira yang saya lakukan 14 tahun yang lalu," ucap Jokowi.
Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:
Joko Widodo gelar pertemuan dengan sembilan sekertaris jenderal dari PPP, PDIP, Nasdem, PKB, Golkar, PKPI, PSI, dan Perindo.
No comments:
Post a Comment