Pages

Tuesday, September 18, 2018

Berburu Kursi Abdi Negara

Liputan6.com, Jakarta - Abdi negara atau Pegawai Sipil Negara (PNS) merupakan salah satu pekerjaan yang diburu oleh pencari kerja. PNS dinilai sebagai pekerjaan yang menjanjikan di masa mendatang.

Nah, ada 238.015 lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dibuka pada 2018 ini.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) beserta Badan Kepegawaian Negara (BKN) kompak memastikan pengumuman seleksi Calon Pegawai Sipil Negara atau CPNS 2018 bakal dikeluarkan hari ini Rabu (19/9/2018).

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan, perekrutan CPNS 2018 tersebut akan diumumkan oleh BKN pada esok hari.

"Insyaallah besok jadi diumumkan. Nanti detail teknis terkait rincian formasinya akan diperlihatkan BKN kepada publik," ucap dia saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (18/9/2018).

Seperti diketahui, pemerintah menyiapkan jumlah formasi CPNS 2018 sebanyak 238.015 posisi. Berdasarkan perhitungan tersebut, 51.271 posisi akan ditempatkan di pusat, sementara 186.744 untuk instansi daerah.

Meski telah menetapkan posisi tenaga pengajar serta kesehatan sebagai prioritas utama, formasi pasti sistem seleksi kali ini belum diumumkan hingga hari ini.

Salah satu instansi yang membuka lowongan CPNS adalah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Instansi pimpinan Anies Baswedan ini ingin merekrut 2.919 orang.

Lowongan CPNS tersebut terdiri dari tiga kategori, yakni tenaga pendidikan, kesehatan, dan teknis administrasi.

"Formasi yang terdiri dari tenaga kependidikan 1.703, tenaga kesehatan 490, kemudian tenaga teknis administrasi 726," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Budihastuti di Balai Kota Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Cara Pendaftaran

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Seleksi Nasional CPNS mengumumkan, bahwa sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id, dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh Instansi.

"Proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)," tegas Bima Haria, seperti mengutip laman Sekretariat Kabinet, Senin (17/9/2018).

Alur Pendaftaran CPNS 2018. Dok BKN

Dalam Buku Petunjuk Pendaftar Sistem Seleksi CPNS Tahun 2018 disebutkan, langkah pertama yang harus dilakukan para peminat yang akan mendaftar menjadi CPNS adalah membuat akun di portal http://sscn.bkn.go.id dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga.

Selanjutnya login ke http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah ditentukan, mengupload foto swafoto dengan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Pelamar juga diharuskan mengisi biodata, memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan yang diminati; dan kemudian menyimpan data yang sudah dicek di Resume dan diklik Kirim. Sebelum dikirim, pelamar dianjurkan untuk mencek kembali data di Resume untuk memastikan bahwa data tersebut lengkap dan benar, karena setelah dikirim data tidak bisa diubah lagi.

Selanjutnya, pelamar bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

Jika ada masalah dalam pengisian di portal SSCN, pelamar CPNS bisa mengklik helpdesk yang ada di portal tersebut untuk bantuan dan pengaduan.

Saksikan video menarik di bawah ini:

Pemerintah akan mengumumkan formasi jabatan yang dibuka dalam penerimaan 238.015 CPNS pada 19 September 2018.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2PQBFv5
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment