Pages

Tuesday, September 18, 2018

Stabilkan Rupiah, Ekonom Senior UI Usul BI Kombinasikan Kebijakan

Sebelumnya, Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Ari Kuncoro meminta investor tak panik dengan depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) Diketahui rupiah kembali menyentuh Rp 14.900 per dolar AS.

"Asalkan enggak panik, kita tahu masalahnya seperti apa, dia akan kembali ke situasi Rp 14.700. Tugas kita sekarang seperti kalau ada hujan jangan koar-koar dulu, di dalam rumah, siaga akhirnya hujan berhenti kembali lagi," ujar dia saat ditemui di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa 18 September 2018.

Dia menjelaskan depresiasi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat lebih disebabkan oleh tekanan faktor eksternal, terutama rencana Presiden AS Donald Trump untuk kembali berlakukan tarif 10 persen terhadap barang-barang impor China senilai USD 200 miliar. 

"Trump itu buat lewat Twitter dia akan terus dengan niatnya yang USD 200 miliar. Sekali lagi timbulkan tekanan, terutama untuk arus modal saham, jadi mulai lagi bergerak ke arah aset aman, yaitu USD. Mereka sementara di situ dulu, sementara obligasi arus masuk agak berkurang, tapi karena neraca dagang defisit, maka itu menimbulkan tekanan, sehingga terjadi Rp 14.900," kata dia.

Peran Bank Indonesia (BI) pun akan sangat penting dalam upaya dalam mengatasi depresiasi nilai tukar rupiah serta menjaga stabilitas rupiah ke depan.

"Jadi, ini menunjukan pada kita bahwa manajemen jangka pendek dari BI sangat penting. Bank Indonesia itu ada tiga cara. Melalui tingkat bunga, cadangan devisa, dan intervensi di pasar surat berharga. Harus digunakan dalam campuran yang optimal," kata dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Para pengusaha terus menggenjot produksinya berupa kursi, meja, tempat tidur, serta berbagai macam aksesoris rotan lainnya.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2NlUA3V
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment