Pages

Tuesday, September 18, 2018

Ekonomi Syariah Dapat Bantu Kurangi Defisit Transaksi Berjalan

Selain itu, Dody mengungkapkan beberapa tantangan dalam pengembangan ekonomi syariah di Indonesia.

"Pertama, memburuknya posisi Indonesia di industri halal global. Saat ini, Indonesia masih merupakan konsumen daripada produsen," kata dia.

Tantangan lain, menurut dia, adalah belum optimalnya potensi zakat, infak, shodakah dan wakaf (ZISWAF) untuk mendukung pengembangan ekonomi syariah. 

"Masih terbatasnya peran dari sektor keuangan syariah dalam pembiayaan pembangunan, termasuk rendahnya kapasitas perbankan Islam," imbuh dia.

Dody menambahkan, pengembangan keuangan syariah tidak dapat berdiri sendiri dan terpisah dari perkembangan ekonomi Islam itu sendiri. Formulasi dari strategi pengembangan harus komprehensif, mencakup dari hulu ke hilir dan dari ekonomi riil ke keuangan mendukung. 

Beberapa faktor kunci keberhasilan dalam mengembangkan ekonomi Islam dan keuangan, yaitu dukungan penuh Pemerintah termasuk dinyatakannya pengembangan ekonom syariah sebagai program nasional.

"Adanya badan khusus untuk koordinasi lintas otoritas, berfokus pada pemanfaatan keunggulan kompetitif suatu negara. Terakhir yaitu keberadaan strategi nasional yang mencakup reformasi struktural pemerintah, serta paradigma masyarakat," ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kondisi makroekonomi Indonesia yang cukup kuat dan respon pemerintah dalam membuat kebijakan menghadapi pelemahan rupiah dinilai bisa membantu mengatasi hal ini.

Let's block ads! (Why?)

via Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2D7weq0
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Frss&max=3, then Send me an email


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT

No comments:

Post a Comment